Senin, 04 Januari 2016

PENGARUH LINGKUNGAN DALAM PERILAKU MASYARAKAT


Lingkungan adalah bagian penting dalam kehidupan manusia atau masyarakat. Sejak dilahirkan manusia sudah berada dalam lingkungan baru dan akan tumbuh membentuk masyarakat dari lingkungan dia berada. Dari lingkungan baru inilah sifat dan perilaku manusia terbentuk dengan sendirinya. Lingkungan yang baik akan membentuk pribadi yang baik, sementara lingkungan yang buruk akan membentuk sifat dan perilaku yang buruk pula.

Manusia telah ALLAH anugrahi dengan diberikan nya akal pikiran sejak lahir, namun akal ini tidak berguna jika tidak ada lingkungan disekitarnya yang akan di rubah, lingkangan ini akan membentuk perilaku manusia yang ada di dalamnya. Manusia akan berinteraksi dan berusaha untuk bertahan dalam lingkungan dimana dia berada. Salah satu usaha yang harus dilakukan adalah mengubah perilaku sesuai lingkungan tempat tinggalnya sehingga dia akan bisa terus bertahan didalam lingkungan tersebut.

Dalam lingkungan masyarakat perkotaan kita sering jumpai kota kota yang padat penduduk dengan lalu lintas yang macet yang akan menimbulkan polusi udara yang kotor hilang nya pepohonan penebangan pohon diperkotaan yang tujuan nya untuk kepentingan pribadi hanya untuk memperluas pembangunan tanpa mementingan lingkungan, contoh pembangunan pabrik di lingkungan industri mereka banyak membuang limbahnya kesungai lalu pencemaran sungai pun terjadi, banyak dari masyarakat perkotaan juga yang membuang sampah nya ke sungai sehingan air sungai sangat tercemar lalu meluap dan terjadi banjir yang akan menjadi bencana pada lingkungan mereka sendiri dan menimbulkan banyak penyakit, sehingga hilang nya keseimbangan kota, perilaku seperti ini cukup egois jika kita melihat dampak nya pada lingkungan sekitarnya mungkin perilaku seperti ini sudah biasa terjadi di perkotaan yg padat penduduk mereka melihat yang sedang terjadi dan mereka mengikuti kebiasaan seperti ini tanpa akan melihat dampak akhir nya jika yang seperti ini terus terjadi.

SOLUSI agar pengaruh lingkungan dalam perilaku masyrakat dapat dirubah lebih baik:

-Mengubah kota yang lebih menyatu kembali dengan alam (GREEN CITY) sehingga masyarakat perkotaan mengikuti konsep green city ini, dan mulai dengan kebiasaan yang baru lewat adaptasi dengan lingkungan dengan konsep yang baru.
Mengubah bangunan menjadi ramah lingkungan dan hemat energi.
Merubah perilaku atau kebiasaan suatu lingkungan dengan aturan aturan yang di berikan dan memberikan sanksi jika peraturan itu di langgar.
-Membuat kebiasaan baru pada lingkungan itu dengan mengadakan musyawarah.
-Melakukan kebiasaan dan berpikir dampak apa yang akan terjadi jika perilaku ini terus berlanjut ke depan nya jika itu baik dilanjutkan jika itu buruk dihentikan.


2 komentar: