Jumat, 24 Maret 2017

Dubai Marina

Dubai Marina


Sejarah Dubai Marina

Dubai marina luasnya 4 kilometer membentang luas di sepanjang garis pantai Teluk Persia. Tepatnya di simpangan 5 antara Jebel Ali Port dan area yang terdapat Dubai Internet City, Dubai Media City dan American University di Dubai. Dubai Marina ini dibangun karena terinspirasi oleh the Concord Pacific Place yang di bangun bersamaan dengan False Creek di Vancouver, BC, Canada.

Untuk membuat sebuah kota marina, pengembang membuat air laut di teluk persia mengarah ke lokasi pembuatan kota Dubai Marina sehingga menjadi sebuah tepian laut yang baru. Terdapat pusat air yang digali dari padang pasir yang mengalor sepanjang 3 kilometer. Meskipun sebagian besar wilayah Dubai Marina merupakan perairan, tetapi terdapat taman yang luas untuk umum yang berukuran 8 kilometer.

Proses Perkembangan Dubai Marina


Dubai Marina ini dulunya gurun pasir. Lalu hanya butuh dua tahun akhirnya jadi marina. Air dari sini berasal dari Teluk Arab.Dubai Marina mulai dibangun pada sekitar tahun 2003, berada di dekat Palm Jumeirah.

Tepatnya di simpangan 5 antara Jebel Ali Port dan area yang terdapat Dubai Internet City, Dubai Media City dan American University di Dubai. Pembuatnya adalah Emaar Propertoes dan didesain oleh HOK Canada.

Dubai Marina punya deretan gedung pencakar langit sebagai perkantoran, apartemen dan hotel. Deretan kafe dan restoran ada di pinggirannya dan dilengkapi area pedestarian yang nyaman.Pembangunan Dubai Marina dilakukan oleh Emaar Propertoes dan di desain oleh HOK Canada.

Pembuatan Dubai Marina di bagi dalam beberapa tahap. Bila selesai, nantinya Dubai Marina ini mampu menampung 120.000 orang di apartemen dan vila di sana. Terdapat jalan tepi pantai yang bisa di akses untuk umum di sekitar Dubai Marina dan beberapa pantai untuk umum mempunyai view ke Palm Jumeirah. Pembangunan terbesar dari Dubai Marina adalah Jumeirah Beach Residence. Dan terdapat satu-satunya masjid di ujung Dubai Marina sebelah selatan yaitu Masjid Al Rahim yang dibangun pada Oktober 2013.

Yang ada di Dubai Marina?


6 Tower



Tahap pertama pembangunan Dubai Marina telah selesai seluas 100.000 meter persegi termasuk pembangunan 6 tower apartemen, Dubai Marina Towers. Tiga diantara tower tersebut diberi nama seperti batu mulia yaitu Al Mass, Fairooz dan Murjan. Sedang tiga tower lainnya diberi nama seperti minyak arab yaitu Mesk, Anbar dan Al Yass. Proyek tahap pertama ini menelan biaya lebih dari AED 1.2 triliun.

Terdapat Dubai Marina Walk yang merupakan tempat untuk pejalan kaki sepanjang 7 kilometer memutar dari titik awal Dubai Marina sampai ujung Dubai marina dengan beberapa kafe dan restoran di sepanjang pantainya dan juga kapal-kapal yang tertambat disana. Komunitas di Dubai Marina biasa menggelar acara seperti Marina Market dan pertunjukan dengan mengundang artis di Marina Walk.

Tallest Block in The Word


Tahap kedua dari Dubai Marina terdiri dari beberapa blok bangunan tertinggi yang mana di kenal dengan sebutan “Tallest Block in The World” dengan gedung-gedung pencakar langit yang tingginya antara 250 meter hingga 300 meter antara lain Infinity Tower, Ocean Height, Marina Pinnacle, Sulafa Tower serta beberapa gedung yang sedikit lebih tinggi dari 350 meter dan 400 meter yang meliputi Elite Residence, 23 Marina, Princess Tower, Dream Dubai Marina, Marina 106, Damac Height dan bangunan super tinggi, Pentominium, yang tingginya mencapi 516 meter. Kami akan mengulas satu per satu tentang tower-tower tersebut di artikel berikutnya.

Jumeirah Beach Residence


Jumeirah Beach Residence ini diresmikan pada Agustus 2002 oleh Dubai Properties yang merupakan perusahaan pengembangnya dengan biaya 6 triliun dirham. Jumeirah Beach Residence mampu menampung 15.000 orang untuk tinggal di apartemen-apartemen dan kamar hotel yang ada di sana.

Luas wilayah Jumeirah Beach Residence sepanjang 1.7 kilometer dengan 2 kilometer persegi merupakan area pinggir pantai yang letaknya berhadapan dengan Teluk Persia di Dubai Marina. Proyek Jumeirah Beach Residence merupakan proyek pembangunan pemukiman setahap terbesar di dunia. Mempunyai 40 tower dengan 35 tower merupakan hunian apartemen dengan jumlah 6.917 apartemen, dari studio 85 meter persegi hingga 510 meter persegi penthouse, dan 5 tower merupakan hotel.

The Walk



Pembangunan The Walk di Jumeirah Beach Residence selesai pada tahun 2007 dan diresmikan pada Agustus 2008. The Walk merupakan sebuah lajur untuk para pejalan kaki yang panjangnya 1.7 kilometer dan terletak di tingkat dasar plaza di komplek tersebut. Terdapat beberapa restoran, toko pakaian, butik, departemen store, kfe, gym yang terlerak di lebih dari dua level tingkat dasar dan plaza.

The Walk di restoran Jumeirah Beach Residence dan lajur pusat perbelanjaan yang terhubung ke pantai di belakang Jumeirah Beach Residence merupakan kawasan yang sangat populer. Terdapat lima buah hotel berbintang 4 dan 5, dua diantaranya diubah menjadi apartemen.

Dubai Marina Mall



Dubai Marina Mall merupakan salah satu mall terbesar di Dubai. Di resmikan dan dibuka pada bulan Desember 2008. Letaknya di tengah-tengah Dubai Marina yang dibangun untuk para penghuni dan pengunjung Dubai Marina. Luasnya lahan yang disewakan mencapai 390.000 feet persegi melingkupi 140 outlet retail.

Aquaventure Waterpark



Aquaventure Waterpark merupakan water park yang paling populer di Timur Tengah. Mempunyai tempat berendam yang menyenangkan sepanjang 2 kilometer. Terdapat banyak wahana air seperti seluncuran air, Aquaconda, Zoomerango, Poseidon’s Revenge dan lain-lain.

Al Sahab


Al Sahab di bangun sebagai tower premium di Dubai Marina oleh Emaar. Al Sahab ini adalah menara kembar di area tepi pantai yang menghadap ke Teluk terbesar di Dubai Marina. Dari lantai tiga ke atas, semua penghuni dapat melihat Dubai Marina secara keseluruhan. Keuntungan ini di dapat karena harga tertinggi per meter perseginya.

Al Majara


Al Majara merupakan komplek lima bangunan hunian yang meliputi apartemen tinggi di tepi pantai yang berdekatan dengan Dubai Marina Yacht Club dan menghadap sebagian besar teluk.

Marina Promenade


Marina Promenade terdiri dari enam tower apartemen dan vila dengan pemandangan Teluk. Letaknya berseberangan dengan Dubai Marina Yacht Club.

The Beach
The beach ini merupakan kawasan retail yang dibangun di pantai di depan Jumeirah Beach Residence oleh Meraas Holding, perusahaan milik wakil presiden sekaligus perdana menteri UAE dan penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Pembangunan The Beach di mulai pada pertengahan tahun kedua tahun 2012 dan selesai pada akhir tahun 2013. The Beach meliputi empat plaza yang akan menempati sebagian besar pantai dari Hilton Hotel hingga Sheraton Hotel, beberapa perumahan, 70 retail, outlet makan dan minuman serta hiburan juga sejumlah tingkat area parkir.

Marina Quays
Marina Quays merupakan tiga apartemen yaitu Quay East, Quay West dan Quay North. Panjangnya 20 meter diatas air di tepi pantai atau waterfront. Toko dan beberapa outlet juga ada disana.

Park Island
Park Island adalah empat tower hunian yang terdiri dari Blakely, Bonaire, Fairfield dan Sanibel. Tower di dalam Park Island diperindah dengan taman dan kebun yang luas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar